28 Juni 2010

PT KA Daops V Bangun Rel Ganda Sepanjang 17,5 Kilometer

PT Kereta Api (KA) menargetkan pembangunan jalur ganda di wilayah Daerah Operasi (Daop) V Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng) sepanjang 17,5 kilometer (km) sampai akhir tahun 2010. Pembangunan rel ganda telah dimulai pada awal April ini antara Patuguran-Kretek serta Prupuk-Linggapura.

Kepala Humas PT KA Daop V Purwokerto Surono mengungkapkan Satuan Kerja (Satker) Pembangunan Rel Ganda telah memulai pembangunan double track pada 1 April telah dimulai pembangunan rel ganda.

"Tahun 2010 menargetkan pembangunan rel ganda sepanjang 17,5 Km. Rinciannya antar Stasiun Patuguran-Stasiun Kretek sepanjang 6,17 Km dan Stasiun Linggapura-Stasiun Prupuk sepanjang 11,33 Km,"jelas Surono, Minggu (4/4).

Dijelaskan oleh Surono, pembangunan jalur rel ganda dari Stasiun Patuguran sampai Stasiun Prupuk totalnya sepanjang 32,140 Km. "Tetapi pembangunannya baru mencapai 17,5 Km untuk tahun 2010. Sedangkan sisanya dari Stasiun Bumiayu ke Stasiun Kretek sepanjang 11,1 Km akan dibangun pada 2011 mendatang,"ujar Surono.

Alokasi dana pembangunan rel ganda merupakan dana APBN, seperti halnya pembangunan rel ganda antara Stasun Purwokerto-Stasiun Patuguran yang telah selesai pada pertengahan 2009 lalu. Pembangunan rel ganda antara Patuguran-Prupuk merupakan segmen kedua dari proyek rel ganda Kroya-Purwokerto-Prupuk. Nantinya, segmen berikutnya adalah pembangunan rel ganda antara Stasiun Purwokerto sampai Stasiun Kroya. (LD/OL-02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon koment dan masukanya