29 Juli 2009

Istilah Istilah yang sering beredar di Karang Jati

Mungkin bagi orang Karang Jati sering mendengar beberapa istilah dlm forum resmi atau guyonan...yang kadang bermakna datar tapi sebenarnya jika di gali lebih dalam...kita akan mendapati sebuah pecerahan dalam menjalani kehidupan.Adapun beberapa istilah tersebut adalah diantannya:

Yahudi Desa istilah ini sering sekali terlontar dari obrolan-obrolan kita sehari-hari .Maknanya ialah walaupun kita secara KTP tertulis beragama islam tapi di hadapan alloh apa iya,seandainya kita masih mempraktekkan gaya hidup kaum Yahudi /Barat yang hedonis dan matrialis dengan Menghalalkan berbagai macam cara demi mencapai tujuan duniawi.

Gawe Firman Dewek adalah jika sesorang menyederhanakan masalah2 demi kepentingan pribadi ,golongan atau kelompoknya.Padahal sudah jelas2 itu bertentangan dengan tuntunan qur'an dan hadis.



Aja Egal Egol adalah sebuah ungkapan untuk menegaskan bahwa jika sesuatu benar sampaikanlah bahwa itu benar,juga sebaliknya.Artinya Jujur dalam mengungkapkan sesuatu .


Nek ndeleng Sing Duwur adalah cara melihat dan menilai seseorang atau sesuaatu masalah janganlah dari kulit/ penampilan seseorang.Tetapi

Copet Solo adalah sebutan bagi seseorang yang berpenampilan baik dengan tutur kata yang halus dan lembut tapi semua hanyalah topeng tujuanya untuk mengelabuhi/menipu.Jadi janganlah meneilai seseorang hanya dari kulit penampilan luarnya saja tetapi dari akhlak dan niat baiknya.
.
Iras Irus Sing Gede Iruse Mencari keuntungan pribadi dalam suatu forum/perkumpulan.

Landa Cokelat melakukan pembodohan terhadap masyarakat.Atau merasa menjadi orang yang paling terhormat tanpa menghargai orang lain.Apalagi terhadap orang yang kurang secara Materi.

Preman Pasar pegang clurit,Preman masjid pegang Mik....Dalam artian kadang merasa paling pinter...mengoreksi/mengkritik lewat corong media masjid tanpa mempertimbangkan perasaan orang lain.Orang yang suka semena mena di masjid dijuluki preman Masjid.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon koment dan masukanya